Posts

Showing posts from April, 2015

Materi IPA Kelas 5 Semester 1 : Alat Pernapasan pada Manusia dan Hewan

Wanita Jangan Sampai Kehilangan Jati Diri

Puisi untuk Sahabat Terhebat

IPS Kelas 4 Semester 2 : Koperasi

UUD 1945, Pasal 33 ayat (1) : “perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas azas kekeluargaan. Menurut ahli ekonomi, lembaga atau badan yang cocok dengan maksud pasal tersebut adalah koperasi.
Pengertian koperasi Koperasi berasal dari kata co yang berarti bersama, dan operare yang berarti bekerja atau berkarya. Koperasi berarti kelompok atau perkumpulan orang atau badan yang bersatu dalam cita-cita atas dasar kekeluargaan dan gotong royong untuk mewujudkan kemakmuran bersama.
Sifat-sifat koperasi 1.Koperasi merupakan organisasi perekonomian. 2.Anggota koperasi memiliki cita-cita dasar yang sama, yaitu mencapai kemakmuran atau kesejahteraan. 3.Cita-cita ini ingin diwujudkan secara bersama-sama 4.Koperasi memiliki watak sosial
Koperasi Indonesia didirikan pada tanggal 12 Juli 1960 oleh Drs. Moh. Hatta. Atas jasanya di bidang koperasi, Drs. Moh. Hatta diangkat menjadi Bapak Koperasi Indonesia. Pada 12 Juli ditetapkan sebagai Hari Koperasi.
Tujuan dan manfaat koperasi

IPS Kelas 4 Semester 2 : Kegiatan Ekonomi dalam Memanfaatkan Sumber Daya Alam

Kegiatan ekonomi adalah segala usaha atau kegiatan yang dilakukan orang untuk menghasilkan pendapatan dalam rangka mencukupi kebutuhan hidup. Contoh kegiatan ekonomi antara lain nelayan mencari ikan di laut, petani mencangkul di sawah, guru mengajar di kelas, dan guru mengajar di kelas.
Ada tiga jenis kebutuhan, yaitu : 1.Kebutuhan Pokok (kebutuhan primer) Kebutuhan pokok adalah kebutuhan utama manusia. Ada tiga jenis kebutuhan pokok, yaitu : a.Makanan (pangan) b.Pakaian (sandang) c.Tempat tinggal (papan)
2.Kebutuhan Sekunder Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan tambahan setelah kebutuhan pokok terpenuhi. Contohnya lemari, sepeda, buku, pena, dan sebagainya.

Introspeksi Diri (muhasabah)