Posts

Showing posts from March, 2015

PTK : Teknik Membuat Hipotesis dan Pertanyaan Penelitian

Hipotesis adalah suatu pertanyaan yang masih harus diuji kebenarannya secara empiris. (Irawan Soehartono, 2002). Hipotesis merupakan jawaban sementara atas pertanyaan penelitian yang kebenarannya akan diuji berdasarkan data yang dikumpulkan. Fungsi hipotesis dalam penelitian adalah untuk membimbing atau mengarahkan penelitian, yaitu dalam mencari data yang akan dikumpulkan sebagaimana halnya pertanyaan-pertanyaan penelitian.
Menurut Kerlinger (1986), ada dua kriteria untuk hipotesis yang baik, yaitu : 1.Hipotesis merupakan pernyataan tentang hubungan antara variabel. 2.Hipotesis tersebut dapat diuji secara empiris. Ini berarti bahwa dalam hipotesis ada dua variabel atau lebih yang diukur dan dinyatakan bagaimana hubungan antara variabel-variabel tersebut. Namun penelitian tidak selalu akan mencari hubungan antara variabel, tetapi juga dapat bertujuan menggambarkan bagaimana kondisi variabel-variabel tertentu.
Sejalan dengan pertanyaan penelitian, hipotesis juga dapat dirumuskan dalam bebera…

PTK : Teknik Mengidentifikasi dan Merumuskan Masalah Penelitian

Mengidentifikasi masalah berarti memerinci dan mendeskripsikan unsur-unsur atau indikator-indikator masalah yang akan diteliti. Jika yang menjadi objek PTK adalah pengayaan kurikulum mata pelajaran, maka kita perlu membahas masalah tersebut secara lebih detail. Setelah diidentifikasi, maka masalah tersebut perlu dirumuskan secara singkat dan jelas serta spesifik.
Menurut Irawan Soehartono (2002), ada dua cara yang dapat ditempuh dalam merumuskan masalah, yaitu : masalah dapat dinyatakan dalam bentuk pertanyaan dan dapat pula dalam bentuk pernyataan. Bentuk pertanyaan atau pernyataan dirumuskan dengan padat, singkat, dan jelas. Kata bantu Tanya seperti apakah, bagaimana, sejauh mana, dsb dapat digunakan dalam merumuskan masalah. Rumusan masalah harus menunjukkan hubungan sebab akibat antar variable (jika kuantitatif), terukur, objektif, dan rasional.
Sumber Masalah

Karakteristik PTK (Penelitian Tindakan Kelas)

Beberapa Karakteristik PTK, diantaranya :
1.Masalah yang diteliti dalam PTK adalah masalah “mikro” yang dibatasi oleh “dinding-dinding kelas”. Masalah perbaikan pengajaran, evaluasi, dan pengayaan kurikulum merupakan salah satu sasaran PTK. Objek PTK lebih berorientasi pada masalah yang dihadapi guru dan siswa di dalam kelas. 2.PTK bersifat “evaluasi diri” terhadap kualitas pengajaran guru itu sendiri. 3.PTK merupakan penelitian terapan untuk memecahkan masalah-masalah real yang dihadapi guru dan siswa. Tujuan akhir dari PTK adalah untuk menyempurnakan kualitas PBM 4.PTK bersifat siklus. Artinya, perencanaan pengajaran dan pelaksanaan pembelajaran dapat ditindaklanjuti dengan pengamatan dan upaya memperbaikinya. Hasil perbaikan tersebut dapat diterapkan pada tahap berikutnya hingga mencapai kesempurnaan PBM yang diharapkan. 5.PTK berorientasi pada daya serap dan taraf serap materi pengajaran. Objek PTK dalam hal ini adalah keterukuran kemampuan siswa dalam menyerap materi pengajaran sesuai…

Pengertian dari PTK (Penelitian Tindakan Kelas)

Pengertian PTK menurut para ahli, sebagai berikut :
a.PTK adalah penelitian yang mengombinasikan prosedur penelitian dengan tindakan substantif, suatu tindakan yang dilakukan dalam disiplin inkuiri atau suatu usaha seseorang untuk memahami apa yang sedang terjadi sambil terlibat dalam sebuah proses perbaikan dan perubahan (Hopkins, 1993 : 4 dalam Rochiati, 2008)
b.Rapoport (1970, dalam Hopkins, 1993) mengartikan Penelitian tindakan kelas untuk membantu seseorang dalam mengatasi secara praktis persoalan yang dihadapi dalam situasi darurat dan membantu pencapaian tujuan ilmu sosial dengan kerjasama dalam kerangka etika yang disepakati bersama.

c.Kemmis (1983) menjelaskan bahwa Penelitian Tindakan adalah sebuah bentuk inkuiri reflektif yang dilakukan secara kemitraan mengenai situasi sosial tertentu (termasuk pendidikan) untuk meningkatkan rasionalitas dan keadilan dari (a) kegiatan praktek sosial dan pendidikan mereka, (b) pemahaman mereka mengenai kegiatan-kegiatan praktik pendidikan, da…

Materi IPS SD Kelas 6 Semester 2 : Gejala Alam di Indonesia dan Negara Tetangga

Gejala alam disebut juga dengan peristiwa alam. Gejala alam ada yang menguntungkan dan ada yang merugikan. Gejala alam yang menimbulkan suatu kerugian disebut sebagai bencana alam. Seperti gempa bumi, gunung meletus, banjir, gelombang tsunami, tanah longsor, dan angin topan. Gejala alam tersebut sering terjadi di Indonesia dan juga di Negara tetangga. Berikut penjelasan gejala alam tersebut.
1.Gempa Bumi Gempa bumi adalah gejala alam berupa getaran atau gerakan pada permukaan bumi yang ditimbulkan oleh tenaga dari dalam bumi.
Gempa bumi terdiri dari 2 mcm, yaitu : a.Gempa Tektonik Gempa tektonik adalah gempa yang disebabkan oleh pergeseran lempengan permukaan bumi. Titik pusat gempa disebut episentrum. Titik episentrum gempa tektonik banyak terjadi di dasar laut. b.Gempa Vulkanik Gempa Vulkanik adalah gempa yang terjadi karena letusan gunung berapi. Gempa terjadi karena pergerakan magma yang hendak keluar dari perut bumi ketika gunung akan meletus.
2.Gunung Meletus Gunung yang dapat meletus h…

Karakteristik Perkembangan Bahasa Anak Usia SD

Dua Hal Perusak Amal

“Seorang yang merasa punya amal kebaikan meraksasa laksana gunung, karena Riya’ bisa menjadi laksana debu beterbangan.”
Berbuat kebaikan memang hal yang mudah dilakukan, tetapi kita harus berhati-hati, tidak boleh lupa diri. Syeitan sebagai musuh manusia sejak dahulu akan selalu mengganggu, menyeret manusia ke dalam kesesatan yang berujung pada kerugian. Syaitan akan berusaha agar manusia terkotori keikhlasannya tatkala beramal kebajikan. Dua senjata yang dipakai adalah melontarkan rasa riya’ dan sum’ah.
Riya’ berasal dari kata riya’un yang artinya memperlihatkan. Riya’ adalah perbuatan yang dilakukan bukan karena Allah SWT. Sum’ah artinya memperdengarkan suatu perbuatan baik yang sebelumnya dilakukannya secara tersembunyi, tapi kemudian diceritakan kepada orang lain. Riya dan sum’ah termasuk syirik kecil.
Ada 3 tanda pada orang yang berbuat riya’ dan sum’ah : 1.Bila mendapat sanjungan akan bersemangat dalam beramal, sebaliknya bila tidak ada pujian atau bahkan dicela menjadi malas atau e…

Bahaya Cinta Dunia

Dunia ibaratkan fatamorgana yang dianggap air oleh orang yang kehausan. Namun, tatkala ia mendatangi, ia tidak mendapatkan apa-apa. Hal lain yang juga serupa dengan dunia ialah bayang-bayang yang kita anggap ada, padahal tidak. Kita ikuti dan kejar dia, karena kita ingin meraihnya. Tetapi kita tidak akan pernah bisa menangkapnya. 
Orang yang cinta dunia tidak akan bisa meninggalkan sifat bangga dan angkuh. Cinta dunia menjadikan neraka penuh dihuni orang, sebaliknya zuhud terhadap dunia akan meramaikan surga. 
Sibuk mengurus dan meningkatkan hartanya, hingga lalai dari dzikir ke pada Allah SWT. Apabila kalbu lalai dari zikrullah, ia akan dihuni syeitan dan disetir sesuai kehendaknya. Hati yang dikuasai syeitan akan merasa puas terhadap amal yang sedikit, dengan anggapan bahwa ia telah banyak melakukannya.

Bahaya Perceraian

Perceraian merupakan kulminasi dari penyesuaian penikahan yang buruk. Terjadi saat suami dan istri sudahtidak mampu lagi mencari cara penyelesaian masalah yang dapat memuaskan kedua belah pihak. Akan tetapi, banyak pernikahan yang tidak membuahkan kebahagiaan tetapi tidak diakhiri dengan perceraian. Hal ini didasari oleh pertimbangan agama, moral, kondisi ekonomi, dan alasan lainnya.
Ada beberapa kondisi yang mempengaruhi stabilitas perkawinan yang dapat mengakibatkan perceraian, yaitu : 1.Jumlah anak Peran anak sangat besar terhadap stabilitas keluarga. Pasangan yang tidak mempunyai anak atau hanya mempunyai beberapa anak lebih banyak bercerai daripada pasangan yang mempunyai banyak anak. 2.Kelas social Perceraian banyak terjadi pada kelompok menengah ke atas dan kelompok ke atas. 3.Kemiripan latar belakang Perceraian lebih banyak terjadi antara pasangan yang mempunyai latarbelakang kebudayaan, suku, bangsa, agama, dan sosial ekonomi yang berbeda. 4.Saat menikah Tingkat perceraian yang sangat…

Materi IPA SD Kelas 5 Semester 2 : Perubahan Permukaan Bumi Akibat Kegiatan Manusia

Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, manusia mengambil bahan-bahan dasar dari alam atau yang dikenal dengan sumber daya alam. Kegiatan manusia memanfaatkan sumber daya alam untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dapat mengubah permukaan bumi. Berikut beberapa kegiatan manusia yang dapat mengubah permukaan bumi :
1.Pembakaran hutan
Terkadang manusia sampai merusak alam untuk memenuhi kebutuhannya. Salah satunya dengan melakukan pembakaran hutan. Pembakaran hutan dilakukan bertujuan untuk dijadikan lahan pertanian, pemukiman penduduk, dan kawasan industri.
Kawasan hutan yang digunakan untuk lahan pertanian akan berubah menjadi tanah tandus dan gersang. Penyebabnya karena setelah panen, lading akan ditinggalkan, dan selanjutnya kembali membuka lahan baru untuk pertanian. System perladangan seperti ini disebut perladangan berpindah. Akibat perladangan berpindah, hutan yang semula hijau menjadi tanah tandus dan gersang.
2.Penebangan hutan secara liar
Penebangan pohon-pohon di hutan secara liar juga da…

Materi IPA SD Kelas 5 Semester 2 : Peristiwa Alam di Indonesia

Peristiwa alam adalah semua jenis aktivitas alam. Contohnya terjadinya siang dan malam, hujan, embun pagi. Peristiwa alam yang membawa kerugian bagi manusia yang disebut bencana alam, seperti gempa bumi, banjir, gunung meletus, tsunami, tanah longsor, dan angin puting beliung. Bencana alam tersebut sering terjadi di Negara kita.
1.Gempa bumi
Gempa bumi adalah getaran-getaran pada permukaan bumi yang disebabkan oleh kekuatan dari dalam bumi. Alat pencatat kekuatan gempa adalah seismograf dengan skala Richter(SR).
Berdasarkan sebabnya, gempa bumi dapat dikelompokkan sebagai berikut ; a.Gempa Bumi Tektonik Gempa bumi tektonikadalah gempa bumi yang disebabkan oleh adanya pergeseran lempeng/kerak bumi. Gempa ini terjadi di dasar laut yang dapat mengakibatkan terjadinya gelombang yang sangat besar yang disebut tsunami. Contohnya gempa yang terjadi di NAD pada tanggal 26 Desember 2004 yang mengakibatkan gelombang tsunami. b.Gempa Bumi Vulkanik Gempa bumi vulkanik adalah gempa yang disebabkan oleh l…

Materi IPA SD Kelas 5 Semester 2 : Daur Air

Image
Air merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia. Air termasuk sumber daya alam yang dapat diperbaharui karena air tidak akan pernah habis meskipun terus digunakan. Hal ini disebabkan air mengalami proses pendauran (perputaran/siklus). Daur air merupakan perputaran/sirkulasi air secara terus-menerus dari bumi ke atmosfer dan kembali ke bumi. Daur air terjadi melalui proses penguapan (evaporasi), pengendapan (presipitasi), dan pengembunan (kondensasi). Daur air di mulai dari menguapnya air dari berbagai sumber karena pengaruh panas dari sinar matahari. Seperti air di laut, sungai dan danau. Proses ini disebut evaporasi (penguapan). Uap air naik dan berkumpul di udara. Lama-kelamaan udara tidak dapat lagi menampung uap air. Proses ini disebut presipitasi (pengendapan). Pada saat suhu uap air turun, uap air akan berubah menjadi titik-titik air(mengembun). Titik-titik ini membentuk awan. Proses ini disebut kondensasi (pengembunan). Titik-titik air di awan kemudian akan turun menjadi hujan. B…

Materi IPA SD Kelas 5 Semester 2 : Susunan Bumi dan Matahari

A.Struktur Bumi Bumi dilindungi oleh selubung udara yang disebut atmosfer. Lapisan atmosfer tersusun atas udara. Lapisan atmosfer melindungi bumi dari pancaran sinar dan panas matahari, menjaga air agar tidak menguap ke angkasa luar, serta melindungi bumi dari benda-benda angkasa.
Atmosfer terdiri atas lapisan-lapisan, yaitu : 1.Troposfer Lapisan troposfer merupakan lapisan yang paling dekat dengan bumi. Lapisan ini mempengaruhi cuaca. Sebagian besar awan yang menyebabkan hujan terbentuk di lapisan ini. 2.Stratosfer Udara di lapisan stratosfer sangat dingin dan tipis. Lapisan ozon berada di atas lapisan ini. Lapisan ozon adalah lapisan yang penting karena melindungi bumi dari sinar ultraviolet. 3.Mesosfer Lapisan mesosfer berada di atas lapisan stratosfer. Lapisan ini memiliki kandungan uap air yang sangat sedikit. 4.Termosfer Lapisan termosfer berada di atas lapisan mesosfer. Di lapisan ini terjadi efek cahaya yang disebut aurora. 5.Eksosfer

Materi IPA SD Kelas 5 Semester 2 : Jenis-Jenis Tanah

Tanah terbentuk dari batuan yang melapuk dan sisa-sisa makhluk hidup. Berikut proses pembentukan tanah karena pelapukan batuan :
a.Pelapukan Fisika
Pelapukan fisika adalah pelapukan yang disebabkan faktor alam. Seperti angin, air, suhu, gletser, dan gelombang laut.
b.Pelapukan Kimia
Pelapukan kimia adalahpelapukan yang disebabkan oleh bahan-bahan kimia yang bersifat pelarutan, penguapan, perkaratan, oksidasi, dan karbonasi. Contohnya besi berkarat yang mengelupas dan menjadi tanah.
c.Pelapukan Biologi (organik)

Materi IPA SD Kelas 4 Semester 2 : Sumber Daya Alam