Posts

Showing posts from January, 2015

Materi IPA SD Kelas 5 Semester 2 : Pesawat Sederhana

untuk mempermudah dalam mengerjakan berbagai pekerjaan, kita dapat menggunakan peralatan. Misalnya ketika ingin menimba air, kita bisa memanfaatkan katrol untuk menarik ember yang berisi air. Untuk membuka tutup botol, kita dapat menggunakan alat pembuka botol, dan juga ketika memotong sesuatu, kita bisa menggunakan gunting atau pisau. Semua alat-alat itu disebut pesawat. Jadi, pesawat adalah alat-alat yang dapat memudahkan dan mempercepat pekerjaan manusia. Karena bentuk dan penggunaannya sederhana, maka dinamakan pesawat sederhana.
Pesawat dibedakan menjadi dua, yaitu : 1.Pesawat Rumit Pesawat rumit adalah pesawat yang tersusun atas gabungan beberapa pesawat sederhana. Contohnya mesin cuci, komputer, blender, dan sebagainya. 2.Pesawat Sederhana Pesawat sederhana adalah pesawat yang digunakan untuk mempermudah pekerjaan yang disusun secara sederhana. Contohnya obeng, palu, katrol, gunting, dan sebagainya.
Jenis pesawat sederhana
Ada empat jenis pesawat sederhana, yaitu :
1.Pengungkit (tuas) P…

Materi IPA SD Kelas 5 Semester 2 : Gaya Gravitasi dan Gaya Gesek

A.Gaya Gravitasi
Gaya Gravitasi disebut juga gaya tarik bumi. Gaya gravitasi bumi adalah gaya yang menarik benda-benda untuk jatuh ke permukaan bumi. Gaya gravitasi bumi ditemukan oleh Issac Newton.
Gaya gravitasi bumi dapat menimbulkan energi gerak. Kecepatan gerak benda-benda yang jatuh ke bumi tidak selalu sama. Faktor yang mempengaruhi kecepatan jatuh sebuah benda ke bumi adalah gaya penghambat/gaya gesek (gesekan antara benda yang jatuh denganudara). Hal ini bisa diamati dengan tindakan menjatuhkan selembar kertas dan bulatan kertas (lembaran kertas yang telah diremas) secara bersamaan. Bulatan kertas mencapai tanah terlebih dahulu dari pada lembaran kertas. Ini dikarenakan lembaran kertasmemiliki permukaan yang luas sehingga kertas tertahan oleh udara ketika jatuh. Gaya gesek bersifat menahan gerak benda sehingga gerak jatuh benda lebih lambat.
Gerak benda karena gaya gravitasi tidak dipengaruhi oleh berat, dan ukuran benda. Ke kuatan gaya gravitasi bumi terhadap benda tergantung…

Soal Ulangan IPA SD Kelas 6 : Gaya dan Gerak

Materi IPA SD Kelas 5 Semester 2 : Gaya Magnet

Magnet merupakan benda yang dapat menarik benda-benda tertentu. Magnet disebut juga dengan nama besi sembrani. Kekuatan magnet menarik benda-benda tertentu disebut gaya magnet.
Gaya tarik pada magnet dapat menarik benda-benda tertentu, ini berarti tidak semua benda bisa ditarik oleh magnet. Benda-benda yang ditarik magnet disebut benda magnetis. Benda yang dapat ditarik oleh magnet (bersifat magnetis) ini terbuat dari besi dan baja. Benda yang tidak ditarik magnet disebut benda nonmagnetis. Benda-benda yang tidak ditarik magnet (bersifat tidak magnetis) terbuat dari kayu, karet, atau plastik.
Berikut pengelompokan benda-benda magnetis dan nonmagnetis :

No Nama Benda Sifat Benda Dapat Ditarik Magnet (Magnetis) Tidak Dapat Ditarik Magnet (Nonmagnetis) 1 Paku √